PENGARUH METODE BRAIN GYM TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI PADA ANAK USIA SEKOLAH DI MI MASYHUDIYAH GRESIK

  • Rifanny Dyah Irandi Universitas Brawijaya
Keywords: Konsetrasi, Anak Sekolah

Abstract

Selama proses pembelajaran di sekolah anak dituntut untuk dapat memfokuskan konsentrasinya, sehingga diperlukan salah satu metode yaitu Brain Gym. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brain Gym dalam meningkatkan tingkat konsentrasi anak usia sekolah di MI Masyhudiyah Gresik. Studi true experimental menggunakan randomized control group pretest-posttest design dilakukan kepada siswa siswi kelas 4a dan 4b MI Masyhudiyah Gresik dengan kelas 4a sebagai kelompok perlakuan yang mendapatkan intervensi metode Brain Gym dan 4b sebagai kelompok kontrol yang mendapatkan intervensi berupa senam ceria biasa yang sudah menjadi rutinitas di sekolah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah simple random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dengan jumlah sampel sebanyak 16 untuk kelompok perlakuan dan 16 untuk kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner tingkat konsentrasi yang dibuat oleh peneliti. Hasil Penelitian menggunakan uji statistik Paired T test. Pada kelompok perlakuan didapatkan hasil p=0.000 (p<0.05) dan pada kelompok kontrol p=0.708 (p>0.05). Pada kelompok perlakuan nilai mean Pretest (33.19) dan Posttest (40.81). Sedangkan kelompok kontrol selisih nilai mean Pretest (33.69) dan Posttest (33.81). Hasil Uji Independent T Test diperoleh nilai p-value sebesar (0.000) atau (p<0.05). Kesimpulan penelitian ini adalah metode Brain Gym sangat efektif dalam meningkatkan konsentrasi anak usia sekolah di MI Masyhudiyah Gresik. Sehingga, Brain Gym dapat dijadikan sebagai suatu altenatif dalam meningkatkan tingkat konsentrasi anak usia sekolah dalam upaya menunjang performa akademik anak. Kata kunci : brain gym, konsentrasi, anak usia sekolah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-27