DETERMINAN FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGETAHUAN PERAWAT DALAM PERAWATAN PALIATIF

  • Dwi Eri Retno Widowati Universitas Airlangga
  • Retno Indarwati Universitas Airlangga
  • Rista Fauziningtyas Universitas Airlangga
Keywords: Perawatan Paliatif, Pengetahuan, Perawat

Abstract

Pendahuluan: Di Indonesia hanya ada beberapa institusi pelayanan kesehatan yang telah melaksanakan perawatan paliatif. Hal ini terkait dengan pengetahuan para tenaga kesehatan yang berperan dalam pelayanan perawatan paliatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui determinan faktor yang berhubungan dengan pengetahuan perawat dalam perawatan paliatif di RSUD Dr. Soetomo.

 Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional. Total sampel sebanyak 115 responden menggunakan teknik total sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah usia, pendidikan, pengalaman mengikuti pelatihan, lama bekerja, dan jenjang karir, sedangkan variabel dependennya yaitu pengetahuan perawat dalam perawatan paliatif. Data didapatkan dengan kuesioner PCQN dan dianalisis dengan mengguanakan spearman’s rho, dan regresi ordinal.

Hasil: terdapat hubungan antara usia (p=0,004) dan lama bekerja (p=0,016) dengan pengetahuan perawat dalam perawatan paliatif.

Kesimpulan: Usia, lama bekerja, pengalaman mengiktui pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan perawat. Diharapkan kepada perawat yang ada di RSUD Dr. Soetomo dapat mengikuti pelatihan agar pengetahuan yang didapat terus bertambah serta peneliti selanjutnya dapat mengidentifikasi tentang praktik perawat dalam melaksanakan perawatan paliatif serta dengan jumlah responden yang lebih besar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-27