EFEK PEMBERIAN TERAPI OZON DALAM PROSES PENYEMBUHAN ULKUS KAKI DIABETIK : STUDI LITERATUR

  • Nur Hidayat Departemen Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro
Keywords: Kaki diabetes, Ozon, Penyembuhan luka

Abstract

Pendahuluan: Indonesia mendapat peringkat dua negara dengan penderita diabetes melitus (DM) terbanyak di wilayah Pasifik Barat. Prevalensi DM di Indonesia naik secara signifikan dari 0,7% menjadi 2% dalam satu dekade. Salah satu komplikasi DM yang paling sering muncul dan berbahaya adalah ulkus kaki diabetik (UKD). Penyembuhan UKD mengalami keterlambatan dan penggunaan teknik konvensional tidak lagi efektif. Terapi ozon diklaim dapat menyembuhkan luka. Namun, penelitian terdahulu belum bisa memberikan kesimpulan mengenai peran ozon dalam penyembuhan UKD. Untuk mengetahui efek penggunaan ozon dalam perawatan UKD, studi literatur ini dilaksanakan.

Metode: Artikel ini merupakan literature review melalui Google Scholar. Literatur ditelusuri berdasarkan kata kunci dalam rentang waktu 5 tahun terakhir yaitu tahun 2016-2021. Data disintesis menggunakan syntesis matrix dan diintepretasikan dengan teknik kualitatif deskriptif.

Hasil: Proses eliminasi mendapatkan 5 artikel final dari total 747 artikel. Penelitian ini tidak menemukan adanya hasil yang negatif dari penggunaan ozon dalam perawatan UKD dan tidak melakukan observasi lebih dalam mengenai hal tersebut. Ozon berperan dalam menstimulasi growth factor dan ekspresi antioksidan tubuh sehingga proses penyembuhan UKD bisa dipercepat. Ozon juga berperan sebagai anti-bakteri yang mengontrol jumlah koloni bakteri secara signifikan. Penambahan ozon dalam terapi juga memberikan sensasi yang menyenangkan dan mengurangi nyeri perawatan.

Kesimpulan: Ozon memberikan efek yang positif dalam proses penyembuhan UKD.

 

Kata Kunci: Kaki Diabetes; Ozon; Penyembuhan Luka

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31