GAMBARAN PENGETAHUAN TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN LALU LINTAS PADA PENGEMUDI BUS ANTAR KOTA ANTAR PROVINSI

  • N.H. Widyaningtyas Universitas Diponegoro
  • Anindita Ayuningtias Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro
Keywords: kecelakaan lalu lintas, pengemudi bus, pengetahuan P3K

Abstract

Pendahuluan: Kecelakaaan lalu lintas di Indonesia menempati urutan keempat belas penyebab kematian dengan 41,862 kematian pada tahun 2018. Pengemudi bus merupakan seseorang yang memiliki kecenderungan tinggi melihat bahkan terlibat dalam kecelakaan. Penanganan korban kecelakaan sangat dipengaruhi oleh pengetahuan individu tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan pengetahuan pengemudi bus tentang P3K lalu lintas.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif observasional yang dilakukan pada April-Mei 2021.Data dikumpulkan menggunakan lembar kuesioner tingkat pengetahuan terhadap P3K lalu lintas. Responden merupakan 83 pengemudi bus AKAP suatu perusahaan dengan trayek Yogyakarta-Jabodetabek dengan menggunakan non probability sampling dengan total sampling.

HasilĀ : Hasil penelitian ini didapatkan hanya 19,3% responden dengan pengetahuan P3K baik, sedangkan paling banyak yaitu sebesar 68,7% berpengetahuan cukup. Hal serupa ditemukan pada seluruh domain dimana paling banyak responden memiliki pengetahuan P3K cukup. Adapun domain yang memiliki kategori pengetahuan baik paling banyak dibandingkan dengan domain lain adalah domain response sebanyak 36,1%, dan domain dengan pengetahuan kurang paling banyak dibandingkan domain lain adalah domain breathing sebanyak 18,1%
KesimpulanĀ : sebagian besar pengemudi memiliki pengetahuan tentang P3K pada kategori cukup, dan hanya 16% yang memiliki pengetahuan baik. Setiap domain penelitian diperoleh hasil sebagian besar berada pada kategori pengetahuan cukup. penelitian selanjutnya dapat mengembangkan topik penelitian terkait pengetahuan P3K pada pengemudi bus dihubungkan dengan sikap pemberian P3K.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-24