FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEMAMPUAN IBU PRIMIPARA DALAM MERAWAT BAYI BARU LAHIR

  • Ayu Rintiani Universitas Riau
  • yulia irvani dewi Fakultas Keperawatan, Universitas Riau, Pekanbaru
  • sri utami Fakultas Keperawatan, Universitas Riau, Pekanbaru
Keywords: bayi baru lahir, dukungan keluarga, kemampuan ibu primipara, pengetahuan, petugas kesehatan

Abstract

 

 

ABSTRAK

 

Pendahuluan: Merawat bayi baru lahir membutuhkan perawatan yang ekstra, yang mana dalam merawat bayi ibu melakukan perawatan pada bayi seperti memandikan bayi, perawatan tali pusar dan mata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kemampuan ibu dalam merawat bayi baru lahir (0-7 hari) di wilayah Kecamatan Bangun Purba.

Metode: metode  yang digunakan pada penelitian yaitu deskriptif korelasi  melalui pendekatan cross sectional.  Keseluruhan sampel penelitian yaitu 39 respondenyang sesuai dengan kriteria inklusi yang sudak ditetapkan dan menggunakan  teknik total sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji chi square.

Hasil: Adanya hubungan pendidikan dengan kemampuan ibu merawat bayi (p value = 0,021). Adanya hubungan pengetahuan dengan kemampuan ibu primipara dalam merawat bayi (p value = 0,044). Adanya hubungan dukungan keluarga dengan kemampuan ibu primipara dalam merawat bayi (p value = 0,004). Adanya hubungan dukungan petugas kesehatan dengan kemampuan ibu primipara dalam merawat bayi (p value = 0,019). Adanya  hubungan budaya dengan kemampuan ibu primipara dalam merawat bayi (p value = 0,010).

Kesimpulan: Pendidikan, pengetahuan, dukungan keluarga, dukungan petugas kesehatan, dan budaya berhubungan dengan kemampuan ibu primipara dalam merawat bayi baru lahir.

 

Kata kunci: bayi baru lahir, budaya, dukungan keluarga, kemampuan ibu, pendidikan, pengetahuan, petugas kesehatan,  perawatan bayi, primipara

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-28