PERAN RESILIENSI SEBAGAI STRATEGI PENCEGAHAN DEPRESI, KECEMASAN, DAN STRES PADA MAHASISWA: KAJIAN LITERATUR

  • Zakky Abdul Ghoniy Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • Insiyah Insiyah
  • Siti Khadijah
Keywords: Depresi, Kecemasan, Mahasiswa, Resiliensi, Stres

Abstract

Pendahuluan: Mahasiswa sarjana dan diploma umumnya mengalami periode transisi krisis sehingga berisiko tinggi terjadi gejala depresi dan kecemasan serta terpapar berbagai jenis stresor. Resiliensi merupakan proses adaptasi dalam menghadapi kesulitan, trauma, tragedi, ancaman, atau bahkan sumber stres yang signifikan. Tujuan studi ini untuk mengetahui peran resiliensi sebagai strategi pencegahan depresi, kecemasan, dan stres pada mahasiswa.

Metode: Desain studi ini adalah literature review. Kriteria inklusi: 1) Responden merupakan mahasiswa sarjana atau diploma, 2) Terdapat variabel resiliensi, 2) Adanya analisis korelasi atau komparasi antara resiliensi dan depresi, kecemasan, serta stres, 3) Desain penelitian yang digunakan adalah randomized control trial, quasi-experimental, cross-sectional, dan mix-method, 4) Artikel berbahasa Inggris. Kata kunci yang digunakan adalah resilience, depression, anxiety, stress, dan university student, kemudian dimasukkan ke dalam database elektronik CINAHL, ScienceDirect, dan PubMed menggunakan boolean operator. Rentang waktu publikasi pada tahun 2017-2022. Proses penyeleksian artikel berpedoman pada PRISMA Flow Diagram dan penilaian kualitas menggunakan instrumen JBI Tools dan MMAT.

Hasil: Sejumlah 2.875 artikel diperoleh dari 3 database elektronik, terdapat 10 artikel lolos proses seleksi dan penilaian kualitas dilakukan analisis. Studi ini menunjukkan bahwa resiliensi berperan sebagai protektor dalam situasi krisis dengan memediasi gejala depresi, kecemasan, stress, dan trauma masa kecil sehingga mampu meningkatkan kemampuan regulasi emosi dan problem-solving mahasiswa.

Kesimpulan: Resiliensi berperan sebagai strategi pencegahan depresi, kecemasan, dan stres pada mahasiswa. Hasil studi ini dapat menjadi dasar pengembangan intervensi keperawatan yang berfokus pada peningkatan resiliensi untuk mencegah depresi, kecemasan, dan stres pada mahasiswa pada jenjang sarjana atau diploma secara umum pada setting klinis dan komunitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-28