PENGARUH BERMAIN MENIUP BALON (BALLOON THERAPY) TERHADAP STATUS OKSIGENASI ANAKUSIA 3-5 TAHUN DENGAN PNEUMONIA DI RUMAH SAKIT TK.II PELAMONIA

  • Alfin Nugroho STIKes Nani Hasanuddin Makassar
  • Indra Dewi Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Makassar
  • Arham Alam Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Makassar
Keywords: Pneumonia, Status Oksigenasi, Bermain Meniup Balon

Abstract

Pendahuluan: Pneumonia adalah radang akut yang menyerang jaringan paru dan sekitarnya yang dapat berdampak pada status oksigenasi khususnya pada anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Bermain Meniup Balon (Balloon Therapy) Terhadap Status Oksigenasi Anak Usia 3-5 Tahun Dengan Pneumonia Di Rumah Sakit Tk.II Pelamonia tahun 2018.

Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pra-eksperimen dengan rancangan penelitian One group pre test and post test design dengan jumlah sampel 22 sampel. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling.

Hasil: Hasil analisis bivariat didapatkan ada pengaruh sebelum dan sesudah diberikan aplikasi kegiatan bermain meniup balon (balloon therapy) terhadap status oksigenasi Heart Rate (HR) dan Saturasi Oksigen (SaO2) dengan masing-masing nilai ρ Value 0,000. Namun tidak terdapat perbedaan signifikan yang ditemukan pada tingkat Respiratory Rate (RR) nilai ρ Value 0,124.

Kesimpulan: Hasil penelitian ini diharapkan dapat diterapkan dalam memberikan asuhan keperawatan pada anak yang mengalami gangguan status oksigenasi dengan menggunakan pendekatan atraumatic care.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-27