E-DORA (EDUKASI SEBAGAI UPAYA DUKUNGAN ORANGTUA DAN ANAK) : VIDEO GAME BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA EDUKASI PERAWATAN KANKER PALIATIF PADA ANAK

  • Alfi Kurnia Adha Universitas Gadjah Mada
Keywords: Anak, Edukasi, Orang Tua, Paliatif, Video Game

Abstract

Pendahuluan: Peningkatan jumlah penyakit kronis pada anak mengakibatkan kebutuhan akan perawatan paliatif semakin meningkat. Namun, orangtua belum mengerti secara jelas tentang apa yang dimaksud perawatan paliatif. Disisi lain, faktor usia sang anak yang relatif muda membuat pasien anak dan orangtua kesulitan dalam menentukan tindakan perawatan, padahal kesalahan saat memilih tindakan perawatan ataupun terapi dapat berdampak buruk terhadap kualitas hidup pasien maupun keluarga. Sehingga dibutuhkan media yang tepat untuk melakukan edukasi kepada orangtua maupun anak.

Metode: Sumber referensi dikumpulkan melalui penelusuran literatur seperti buku, jurnal, artikel ilmiah kemudian dilakukan analisa dan sintesis untuk penyusunan ide.

Hasil: E-DORA merupakan media edukasi yang dikemas menjadi sebuah aplikasi game edukatif untuk pasien anak kanker paliatif usia sekolah (6-12 tahun) dan orangtua. Dalam game ini, anak seolah-olah berperan sebagai pasien paliatif di dunia maya dan harus melakukan berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan bio-psiko-sosio-spiritual.

Kesimpulan: E-DORA merupakan video game yang berguna sebagai sarana edukasi perawatan paliatif kepada anak maupun orangtua. Video game ini dapat dimainkan bersama dengan orangtua, sehingga harapannya terjadi diskusi dan komunikasi antara anak dan orangtua dalam menentukan terapi atau perawatan yang sesuai dengan kebutuhan anak. Video game ini juga dilengkapi dengan forum diskusi antar orangtua dan tim tenaga kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-27