“SOIMAH”: SOLUSI ALTERNATIF EDUKASI PERAWATAN LUKA DENGAN MADU MELALUI APLIKASI BERBASIS ANDROID

  • Farahdiba Anisa Universitas Gadjah Mada
  • Akhiril Fatiya Isnaenil Laily Universitas Gadjah Mada
Keywords: Perawatan Luka, Madu, aplikasi

Abstract

Latar belakang: Masyarakat Indonesia mengenal berbagai macam mitos yang kurang tepat tentang penanganan luka, baik luka kecil maupun luka besar. Mitos ini menyebabkan masyarakat tidak mengetahui tentang prinsip perawaatan luka yang baik dan benar. Tingginya biaya alat dan bahan yang digunakan untuk merawat luka juga merupakan salah satu faktor penghambat di masyarakat untuk melakukan perawatan luka yang benar. Masyarakat membutuhkan bahan yang efektif, tepat guna, ekonomis dan mudah ditemukan untuk merawat luka. Madu terbukti dapat membantu proses penyembuhan luka. Sedangkan aplikasi berbasis android merupakan salah satu media edukasi yang efektif bagi masyarakat karena mudah diakses. Sehingga kami mengkombinasikan kedua hal ini sebagai solusi permasalahan di masyarakat mengenai kurangnya edukasi tentang perawatan luka yang benar serta pemanfaatan bahan herbal yang ekonomis, efektif dan tepat guna untuk perawatan luka di rumah. Oleh karena itu kami ingin membuat sebuah inovasi yaitu pembuatan aplikasi tentang perawatan luka menggunakan madu sebagai solusi alternatif yang dapat dipilih masyarakat untuk melakukan perawatan luka di rumah.

 Tujuan penelitian: Karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk membuat gagasan aplikasi untuk edukasi tentang perawatan luka dengan madu yang dapat dilakukan di rumah.

Metode: Karya tulis ini merupakan bentuk studi kepustakaan. Artikel ini didapatkan dari beberapa literatur yaitu jurnal, artikel, dan buku.

Pembahasan: SOIMAH merupakan sebuah aplikasi berbasis android yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai perawatan luka menggunakan madu dan memandirikan masyarakat dalam melakukan perawatan luka. Aplikasi SOIMAH berisi beberapa informasi yaitu pengkajian kondisi luka menggunakan wound assesment chart yang telah di modifikasi, prinsip perawatan luka dengan madu yang disesuaikan dengan jenis luka sesuai dengan hasil penelitian. Mitos-mitos perawatan yang tidak boleh dilakukan, manfaat madu dan video mengenai perawatan luka dengan madu.

Kesimpulan dan Saran: SOIMAH diharapkan menjadi sebuah media edukasi tentang perawatan luka dengan madu yang dapat diakses dengan mudah oleh semua masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-27